Berjiwa Adventure? Liburan Ke Air Terjun Doyam Sae, dijamin tidak menyesal.

Berjiwa Adventure? Liburan Ke Air Terjun Doyam Sae, dijamin tidak menyesal
Air terjuan merupakan tempat berlibur yang sangat nikmat dan seru oleh beberapa orang, dengan pemandangannya yang rindang, sejuk dan tentu saja kenikmatan dari lainnya tidak lupa dengan pertualangannya untuk sampai di tempat air terjun yang ingin dikunjungi.

bagi anda yang berdomisili di area Kabupaten Paser, ataupun diluar Kabupaten ataupun Provinsi ataupun Negara, yang ingin merasakan jiwa petualang bisa mencoba ke Air Terjun Doyam Sae.  Air Terjun Doyam Sae ini memiliki pemandangan area sekitar yang masih asli hutan belantara, dengan air yang bening atau jernih asli air gunung.

Air Terjun Doyam Sae ini terletak di Kabupaten Paser, Kecamatan Kuara, Desa Padang Jaya.
Salin kode dibawah ini silahkan paste di Google Maps atau aplikasi maps lainnya.

-1.7559, 116.015216

Air Terjun Doyam Sae memiliki 3 Tingkat tempat:

  1. Tingkat atas atau Pertama. tidak terlalu dalam cocok bagi yang ingin bermain-main atau bersantai-santai dengan berendam tapi untuk kebagian ini harus melewati pinggiran.
  2. Tingkat tengah atau Kedua. area ini lumayan luas untuk belajar berenang atau berendam atau menyelam. yang dimana didasarnya penuh dengan batu-batu kecil. jadi jangan takut air akan kotor. semakin anda menjauh dari pinggiran maka akan dalam setidaknya lebih dari 2 meter. untuk ke area ini kamu bisa lewat jalanan di pinggir pondok. oh iya disitu ada tempat santai yang bisa dipakai buat berfoto.
  3. Tingkat bawah atau Ketiga. area ini biasanya digunakan untuk yang senang lompat-lompat dari ketinggian karena bentuk lerengnya yang tidak menonjol. yang pastinya area ini lebih dalam. tetapi ada juga area aliran air biasa yang mungkin agar anaknya lebih aman bermain-main tetapi ingat jangan dibiarkan sendiri harus di jaga atau di awasi.

Bagaimana cara untuk sampai ke lokasi ini?

Jarak dari jalan utama atau jalan besar sampai kelokasi air terjun berjarak 15KM, yang dimana untuk jalanan ber aspal sekitar 6.5KM yang berarti sisanya 8.5KM hanya jalanan bertanah dan bebatuan. saya saran kan untuk sebelum bertualang kelokasi ini periksa terlebih dahulu kendaraan anda.

Kendaraan Apa saja yang bisa masuk?

Mau saya bilang semua kendaraan bisa sepertinya kurang cocok, tapi saya sarankan untuk kendaraan yang tidak terlalu rendah terutama mobil dan motor, bagaimana yah sebutannya saya kurang paham.
jika memiliki sepeda lebih bagus.

Kondisi Jalanan dan Antisipasi:

untuk mencapai area air terjun ini di jarak 8.5KM jalanan akan berbatuan, menanjak, dan jangan sampai tersesat. maka saya saran kan jika naik motor harus terbiasa dijalan menanjak berbatuan yang cukup besar. harus pintar memilih tempat yang tepat di jalanan berbatuan. untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebelum memasuki area ini silahkan cek kondisi kendaraan anda. seperti bensin, ban, karena untuk kembali ke area perumahan warga cukup jauh. jangan coba2 sendiri kesana tanpa persiapan.

Peringatan:
bagi yang membawa cemilan atau sesuatu yang nantinya bersifat menjadi sampah, silahkan disediakan plastik dan dikumpulkan untuk dibawa kembali dan dibuang pada tempatnya. jagalah kebersihannya agar kita dan anda jika datang lagi tetap nyaman.

Admin sendiri sudah 2x ke air terjun doyam sae ini dengan motor kesayangan MX KING, jujur bagi yang suka adventure dengan kendaraan seperti motor atau sepeda tempat ini sangat cocok karena kondisi jalanan yang belum bisa dibilang tertata untuk umum. masih sekedar terbuka saja, yang pastinya jalanan yang cukup menanjak dengan bebatuan yang cukup besar, terutama saat hujan maka akan licin.

Berikut Penamakan Air Terjum Doyam Sae:



Nama Air Terjun : Doyam Sae Lokasi : Kuaro, Kabupaten Paser Waktu perjalanan dari jalan utama kuaro sampai ke air terjun kurang lebih satu jam (Lewat Desa Padang Jaya). Akses jalan tanah berbatuan dan naik turun gunung. Mobil dan motor bisa masuk sampai ke lokasi air terjun. Tidak disarankan untuk melakukan perjalanan jika cuaca sedang hujan/gerimis. Karena jalanan akan menjadi licin. Air terjun tidak terlalu tinggi dan airnya juga tidak terlalu dalam. Cocok bagi kalian yang mau berwisata air terjun dengan jarak tempuh yang tidak jauh. In Video : @mrahmadi03 @ramajumriadi @khairulazwar1 @ockysaputraa @idhamalfayed @albirezaldy @arief_ky @ipung.19 TAG #waterfall #borneo #mytripmyakupuntur #mtma #paser #kuaro #airterjun #explorepaser #doyamsae #doyamseriam #doyamglogor #tanahgrogot #mahasiswapaser #peapaser #wisatapaser #pariwisatapaser @pariwisatapaser #paserpunya @paserpunya #tanapaser_kekinian @tanapaser_kekinian #paservidgram @paser_vidgram @kabarpaserku #kabarpaserku
Sebuah kiriman dibagikan oleh Abdi (@rusdi_abdi) pada


Sedikit tips agar nyaman sampai ke air terjun:
1. Peta
agar tidak tersesat, karena untuk sampai ke area ini belum ada petunjuk sama sekali.

2. Perlengkapan Kendaraan
karea area ini jauh dari pemukiman dengan kerasnya perjalanan tidak salahnya menyiapkan ban cadangan, bensin, atau yang lainnya.

3. Baju Ganti
tidak asik namanya kalau ke airterjun tapi tidak berenang atau bermain air, dan terlebih lagi hindari memakai jins ketika berenang. disarankan pakai kain ringan.

4. Cemilan
karena perjalanan dengan kendaraan yang cukup jauh dan susah tidak salahnya berhenti untuk beristirahat dengan minum atau makan. dan sehabis bermain air tidak lengkap rasanya kalau tidak santai-santai sambil nyemil melihat pemandangan alam yang sejuk.

5. Berangkat dipagi hari
apabila kamu yang ingin sehari aja dipagi hari sangatlah cocok, terutama agar terhindar dari cuaca hujan. karena area ini memang cukup sulit.

6. Hindari air terjun disaat hujan
meskipun kamu telah membawa perlengkapan, terutama dari hujan. tetapi itu tidak lah tentu aman. Meskipun aliran air pada airterjun tampak normal atau biasa-biasa saja dan hujan gak turun, masih dimungkinkan bahwa hujan akan turun di hulu sungai.

Semoga bermanfaat, tetap diingat untuk jaga kesehatan dan lingkungan agar tetap nyaman.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification

Donasi yang anda berikan akan saya gunakan untuk mengembangkan blog ini.

BANK BNI: 0431705794 a/n Muhammad Rahmadi

Pulsa/DANA: +6285822266832

Done