Bertani Keperluan utama, meringankan keuangan. Catatan admin - MANTANKODE

Bertani Keperluan utama, meringankan keuangan. Catatan admin

Mula-mula sebelum saya melanjutkan artikel ini, ini merupakan pendapat saya atau ungkapan saya. Saya hanyalah manusia biasa yang sedang mencari jati diri yang tepat. Mencari hal yang tepat tanpa membuat sesuatu yang membahayakan, baik itu pribadi maupun keluarga.
Kebun mantankode - bercocok tanam


Alasan bercocok tanam

Mengapa saya berpendapat bahwa bertani keperluan utama? Bagi semua orang pasti akan memiliki pemikiran yang berbeda-beda dari setiap individunya. Bagi saya bertani untuk mengurangi biaya keperluan yang saat ini sangatlah tinggi dari kondisi harga, apalagi makanan khas pokok kita orang indonesia yaitu nasi tanpa nasi belum bisa disebut makan. Harga beras sekarang cukup tinggi dari data hargapangan.id untuk wilayah balikpapan sendiri harga beras perkilo dibulan september yaitu 11.500.

Setiap tahunnya keluarga saya melakukan cocok tanam padi di tanah sendiri ataupun pinjam tanah orang lain, untuk digunakan bercocok tanam. Dengan 3/4 petak tanah juga sudah cukup untuk jangka 1 tahun dengan proses 2 kali bercocok tanam. Bercocok tanam ini juga tergantung dengan kondisi iklim, yang kadang menganggu waktu yang seharusnya bercocok tanam hingga tertunda. Contoh saja pada tahun ini.

Pada awal bulan seharusnya sudah mulai bercocok tanam tapi kondisi alam berbeda2, jadi ketunda ke akhir bulan karena banjir, bibit yang sudah bertunas pun kerendam banjir.

Dan ditunda kebulan berikutnya, dibulan berikutnya alhamdulillah bibit aman hingga padi berbuahan, tetapi ada kondisi lainnya yaitu kekeringan. Dikarenakan musim kemarau. Jangkauan air ketempat bercocok tanam sangatlah jauh hanya mengandalkan paret kecil saja itupun jika air pasang sungai masuk. Jika tidak harus menggunakan pompa air itupun air yang didapat terbatas. Sehingga panen pun tidak merata.

Keadaan Sawah

Keadaan kebun padi saya - mantankode 2019 Paser

Keadaan kebun padi saya - mantankode 2019 Paser

Keadaan kebun padi saya - mantankode 2019 Paser


Kesampingan masalah itu, setiap ada masalah pasti ada cara mengatasinya.

Keuntungan bercocok tanam.

Dengan bercocok tanam ini mampu mengurangi biaya untuk membeli beras sehingga dapat membeli keperluan lainnya, tidak hanya bercocok tanam padi. Sambil itu juga saya mencoba menanam seperti tanaman sayuran seperti

  1. Sayur daun Katuk,
  2. Sayur Buncis,
  3. Sayur pria, dan
  4. Timun suri.


Sayapun sendiri ingin mencoba usaha lain, mencoba membantu biaya pangan keluarga dan uang jajan untuk ade saya yang masih sekolah. Saya akui hal ini terasa sangat lah berat, seperti ini kah yang di alami orang tua saya untuk mencukupi keperluan anaknya.
Sampai sini dulu artikel saya, apabila ada salah kata mohon dimaafkan.

Manfaatkan lah sebaik-baiknya lingkungan kita, jangan hanya mementikan keperluan yang sesaat.


Petikan:
(Harga Beras)[hargapangan.id]

Share with your friends

Add your opinion
Notification

Donasi yang anda berikan akan saya gunakan untuk mengembangkan blog ini.

BANK BNI: 0431705794 a/n Muhammad Rahmadi

Pulsa/DANA: +6285822266832

Done